Jumat, 06 November 2015

ASAM URAT karya : Isbedy Stiawan Z. S.

tengah malam aku terbangun

mendapati kakiku bengkak

dan sangat nyeri. “aku akan

lumpuh di sisa hidupku,”

kataku amat khawatir

sambil menatap istriku

berwajah cemas pula.

aku tak bisa lelap

sepanjang sisa malamku

memegangi kakiku yang

terus membengkak

dan nyeri. aku seperti

menatap ribuan ulat bulu

merayap di kaki itu, membuka

jalan ke tempat-tempat

tak kukenal dan pekat

-segala muara maksiat-

katamu, kemarin senja

hotel-hotel berbintang

kurasa sangat kelam

setiap waktu kudengar

tawa goda para perempuan

yang keluar dari kamar-kamar

rias: hendak pula merias

tubuhku,

-sauna, mandi

kucing…-

kau mau minum susu?

“kakiku nyeri, terus membengkak.”

(kata orang, asam urat…”

ah, esok pagi kau akan

lihatku pakai tongkat!

(tapi, dengan tongkat itu

aku sulap dunia jadi nirwana)




10-13 April 2006

=ISBEDY STIAWAN Z. S.=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar